Thursday, August 4, 2011

Info Kesehatan: Jika Kulit Tak Bisa Kena Matahari

Manusia membutuhkan sinar matahari setiap hari untuk memproduksi vitamin D dalam tubuh. Tapi tak semua orang bisa menikmati sinar matahari karena ada beberapa orang yang alergi jika kena matahari.

Alergi sinar matahari adalah suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sinar matahari. Yang paling sering terjadi adalah ruam merah yang gatal. Lokasi yang paling umum terlihat pada daerah V di leher, punggung tangan, permukaan luar lengan dan kaki bawah.

Beberapa orang yang punya penyakit kronis seperti SLE atau Systemic Lupus Erythematosus bahkan sering lemas jika terkena matahari di atas jam 8 pagi. Orang yang terkena vitiligo atau migrain yang parah, penyakitnya bisa menjadi-jadi jika terpapar matahari. Dalam kasus alergi matahari, reaksi kulit mungkin lebih parah, seperti gatal-gatal atau kulit melepuh yang bahkan terjadi pada kulit yang tertutupi pakaian.

Alergi matahari dipicu oleh perubahan yang terjadi pada kulit yang terkena sinar matahari. Tidak jelas mengapa tubuh mengembangkan reaksi ini. Namun, sistem kekebalan mengenali beberapa komponen kulit (yang berubah karena matahari) yang asing, dan tubuh mengaktifkan pertahanan melawan komponen tersebut.

Alergi matahari terjadi pada orang-orang tertentu yang sensitif. Dan dalam beberapa kasus, mereka dapat dipicu oleh paparan sinar matahari yang hanya beberapa saat.

Para ilmuwan tidak tahu persis mengapa sebagian orang alergi terhadap matahari dan lainnya tidak. Ada bukti menjelaskan bahwa beberapa bentuk alergi matahari diwarisi dari orang tua.

Seperti dilansir dari intelihealth, Senin (22/3/2010), beberapa jenis alergi matahari yang paling umum terjadi adalah:

1. Polymorphous light eruption (PMLE)


PMLE yang biasa muncul adalah ruam gatal pada kulit yang terkena sinar matahari. PMLE adalah masalah kulit akibat matahari paling umum kedua yang dihadapi dokter, setelah kulit terbakar atausunburn.

PMLE terjadi pada sekitar 10 sampai 15 persen dari populasi Amerika Serikat, mempengaruhi orang dari semua ras dan latar belakang etnis. Perempuan lebih sering terkena PMLE dibandingkan pria, dan gejala awalnya tampak sejak usia muda.

PMLE biasanya menghasilkan ruam gatal atau terbakar dalam dua jam pertama setelah paparan sinar matahari. Ruam biasanya muncul pada bagian terkena sinar matahari, seperti leher, dada bagian atas, lengan dan kaki bawah. Selain itu, mungkin ada satu sampai dua jam yang menggigil, sakit kepala, mual dan malaise (perasaan sakit umum).

Dalam kasus yang jarang terjadi, PMLE mungkin mengakibatkan plakat merah (daerah yang datar atau menonjol), lepuhan kecil yang berisi cairan atau pendarahan di bawah kulit. Ruam biasanya menghilang dalam waktu dua sampai tiga hari jika menghindari paparan sinar matahari lebih lanjut.

Di daerah beriklim sedang, PMLE umumnya terjadi selama musim semi dan musim panas. Untuk pengobatan, pada gejala ringan sebaiknya dikompres dengan air dingin pada daerah yang ruam dan gatal, atau semprot kulit dengan air dingin. Dapat juga dengan obat nonprescription oral, seperti antihistamine (diphenhydramine atau klorfeniramin) untuk menghilangkan gatal-gatal, atau krim yang mengandung kortison.

2. Actinic prurigo (turunan PMLE)

Warisan bentuk PMLE ini terjadi pada orang-orang berlatar belakang Indian Amerika, termasuk populasi Indian Amerika di Amerika Utara, Selatan dan Tengah.

Gejala yang terjadi mirip dengan PMLE tetapi biasanya lebih kuat daripada PMLE biasa. Terkonsentrasi pada wajah, terutama di sekitar bibir, dan sering terjadi selama masa kanak-kanak atau remaja. Beberapa generasi keluarga yang sama mungkin memiliki masalah actinic prurigo ini.

Pada daerah beriklim sedang, actinic prurigo mengikuti pola musiman yang mirip dengan PMLE. Namun, dalam iklim tropis, gejala dapat bertahan sepanjang tahun.

Untuk pengobatan dokter biasanya menggunakan kortikosteroid, thalidomide (Thalomid), PUVA, obat antimalaria dan beta-karoten.

3. Photoallergic eruption

Pada alergi matahari ini, reaksi kulit dipicu oleh efek sinar matahari pada bahan kimia yang telah diberikan pada kulit. Sering kali merupakan bahan tabir surya, wewangian, kosmetik atau salep antibiotika. Atau karena mengonsumsi obat, seringkali obat yang diresepkan.

Obat-obatan yang dapat menyebabkan photoallergic eruption seperti antibiotik (terutama tetrasiklin dan sulfonamid), phenothiazines yang digunakan untuk mengobati penyakit mental, diuretik untuk tekanan darah tinggi dan gagal jantung, dan kontrasepsi tertentu.

Hal ini biasanya menyebabkan gatal merah baik ruam atau lepuh kecil. Dalam beberapa kasus, alergi juga menyebar ke kulit yang tertutup oleh pakaian.

Karena photoallergic eruption adalah bentuk reaksi hipersensitif yang tertunda, gejala kulit mungkin tidak dimulai sampai satu atau dua hari setelah paparan sinar matahari.

Lama gejala tidak dapat diprediksi. Namun dalam banyak kasus, gejala kulit menghilang setelah tidak lagi menggunakan bahan kimia yang menyebabkan alergi.

Tujuan pertama pengobatan adalah untuk mengidentifikasi dan menghilangkan obat atau produk perawatan kulit yang memicu reaksi alergi. Gejala kulit biasanya dapat diobati dengan krim kortikosteroid.

4. Solar urticaria

Alergi matahari ini menyebabkan gatal-gatal yang besar dan benjolan merah pada kulit yang terkena sinar matahari. Ini merupakan kondisi langka yang paling sering mempengaruhi perempuan muda.

Gatal-gatal (hives) biasanya muncul pada kulit yang tidak tertutup pakaian dalam beberapa menit setelah paparan sinar matahari. Gatal-gatal biasanya memudar dalam waktu 30 menit sampai 2 jam, namun bisa muncul kembali ketika kulit terkenan sinar matahari.

Untuk gatal-gatal ringan, dapat mencoba lisan nonprescription antihistamin untuk menghilangkan gatal-gatal, atau krim anti-gatal yang mengandung kortison. Untuk gatal-gatal yang lebih parah, dokter mungkin menyarankan resep yang lebih kuat, yaitu krim antihistamin atau kortikosteroid. Dalam kasus ekstrim, dokter mungkin meresepkan fototerapi, PUVA atau obat antimalaria.

Untuk membantu mencegah gejala alergi matahari, seseorang harus melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Sebelum keluar rumah sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki faktor perlindungan matahari (sun protection factor atau SPF) minimal 15 atau lebih, dengan spektrum yang luas dan mencakup sinar ultraviolet A dan ultraviolet B.
  2. Gunakan tabir surya pada bibir. Pilih produk yang telah dirumuskan untuk bibir, dengan SPF 20 atau lebih.
  3. Batasi waktu di luar rumah ketika matahari berada pada puncaknya (sekitar jam 12 siang).
  4. Mengenakan kacamata hitam dengan perlindungan sinar ultraviolet.
  5. Memakai celana panjang, kemeja lengan panjang dan topi dengan pinggiran lebar.
  6. Hindari produk yang dapat memicu photoallergic eruption, seperti antibiotik dan pil KB tertentu, serta obat-obatan resep yang digunakan untuk mengobati penyakit jiwa, tekanan darah tinggi dan gagal jantung. Tanyakan pada dokter tindakan pengamanan khusus untuk menghindari paparan sinar matahari ketika harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.
(mer/ir) Merry Wahyuningsih Detik Health

No comments:

Post a Comment