Pernahkah Anda duduk di sana dan
berpikir :
Ugh, saya tidak suka apa yang saya
lakukan di pekerjaan saya sekarang – tapi apa yang saya bisa lakukan dengan
baik ?
Saya ingin mengubah karir, tapi
bagaimana saya bisa tahu apa keterampilan yang saya miliki sebenarnya ?
Saya yakin ada sesuatu yang cocok yang
bisa saya kerjakan, tapi apa ?
Salah satu bagian yang paling
sulit dalam menentukan karir adalah mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan
dengan baik – selain pekerjaan apa yang Anda lakukan saat ini ( sesuatu yang
tidak memuaskan ).
Tetapi jangan khawatir : Anda
sudah cukup menakjubkan dari pada apa yang Anda pikirkan. Kenyataannya, Anda
memiliki banyak bakat dan keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan Anda –
Sekarang saatnya Anda menemukan bakat dan kemampuan Anda yang sesungguhnya.
Untuk memulai hal ini, tanyakan pada diri sendiri tiga pertanyaan berikut ini :
Cara Mengetahui Bakat yang Kita
Punya
1 . Apa yang saya cintai dari karir saya ?
Ambil resume terbaru Anda dan
lihat kembali semua pekerjaan dan tanggung jawab yang Anda miliki. Jika Anda
baru memulai, pikirkan tentang sekolah, relawan, dan kegiatan ekstrakurikuler
yang pernah Anda lakukan.
Sekarang, lingkarkan hal – hal
yang paling Anda suka lakukan. Secara spesifik, bagian mana yang menjadi
favorit Anda dalam setiap pekerjaan ?
Setelah Anda selesai melakukannya,
pikirkan tentang tugas pekerjaan yang tidak muncul di CV Anda, tetapi
benar-benar Anda sukai seperti mentoring karyawan baru, memimpin orientasi
karyawan, memilih rangkaian bunga untuk kantor, dll.
Semua kegiatan ini dan tugas yang
Anda nikmati layak untuk dikaji kembali, karena hal tersebut cenderung
berhubungan dengan beberapa kekuatan terbesar (strength point) Anda. Membuat
acara happy hour office bisa berhubungan dengan bakat dalam organisasi dan
perencanaan acara. Menjalankan orientasi karyawan bisa berarti Anda memiliki
bakat dalam pelatihan dan komunikasi atau untuk pengembangan profesional .
Luangkan waktu Anda untuk berpikir
tentang apa yang Anda suka dan mengapa – dan itulah petunjuk pertama ke mana
karir Anda berikutnya .
2 . Dimana saya bisa kehilangan waktu terbesar saya?
Apa hobi, kegiatan, atau tugas
yang membuat Anda harus memberikan perhatian penuh begitu banyak sehingga Anda
benar-benar larut dalam momen tersebut ? Anda melihat jam, berpikir bahwa tidak
boleh ada waktu yang berlalu, dan poof ! Tiga jam telah berlalu .
Hal ini bisa menjadi aspek
pekerjaan Anda saat ini ( brainstorming untuk nama peluncuran produk
berikutnya, bekerja dengan tim desain grafis pada karya seni untuk iklan
mendatang ), atau bisa saja hal ini menjadi bagian dari kehidupan pribadi Anda
– seperti hidup bersama anak-anak, blogging, atau membantu teman Anda dalam
membuat bisnis plan, misalnya.
Mulai perhatikan saat-saat
berlalunya waktu, dan tanyakan pada diri sendiri : ” Apakah ini yang saya
cintai pada aktivitas tersebut? Apa yang membuat saya begitu larut ? ” Apapun
itu kemungkinan besar terkait dengan bakat atau minat yang bisa dengan mudah
menjadi keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan, bahkan karir Anda
berikutnya .
3 . Apa kekuatan terbesar saya ?
Akhirnya, luangkan waktu untuk
refleksi diri dan bertanya pada diri sendiri : ” Apa yang menjadi kekuatan
terbesar saya? ” buat list daftar hal-hal yang tidak pernah Anda katakan kepada
diri Anda sebelumnya dan tidak ada salahnya melebih – lebihkan sedikit.
Kemudian, jika Anda berani ( dan
saya berharap bahwa Anda berani saat ini ) email tiga orang dalam hidup Anda
yang Anda percaya dan tanyakan kepada mereka apa yang mereka anggap paling
inspiratif mengenai Anda. Mungkin Anda akan merasa canggung untuk bertanya,
tapi dengan memberitahu kepada mereka bahwa Anda sedang melakukan beberapa
eksplorasi karir dan ingin mendengar pendapat dan feedback dari mereka. Saya
jamin Anda akan terkejut dengan apa yang
akan Anda dengar.
Sekarang, lihat semua informasi
yang telah Anda kumpulkan. Tema atau tren apa yang Anda sadari ? Bagaimana
rasanya melihat semua daftar itu, penuh dengan bakat dan keterampilan ? Apa
yang telah Anda pelajari mengenai kelebihan Anda?
Mungkin Anda telah menemukan bahwa
Anda sangat mahir dalam memperhatikan sesuatu dengan detail, dan kemampuan
untuk selalu membuat orang merasa nyaman dan termotivasi yang artinya bahwa
Anda ditakdirkan untuk menjadi orang yang sukses dalam memimpin perusahaan.
Sumber :
kerjayuk
No comments:
Post a Comment