Tuesday, February 3, 2015

Hindari Kebiasaan ini Agar Tidak Mengantuk Saat Jam Kerja

Waktu kecil mungkin kita sering mengeluh jika diperintah orang tua untuk cepat tidur. Namun saat dewasa, barulah kita merasakan kurang tidur sungguh tak enak rasanya. Selain dapat menyebabkan kantuk luar biasa saat tengah kerja di siang hari, tak cukup istirahat juga bisa mengganggu kondisi kesehatan bahkan kejiwaan. Sebagian dari Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk kepentingan pekerjaan tapi sebenarnya kurang tidur bisa membahayakan karier. Karena Anda akan kurang konsentrasi, mudah sakit, dan gampang stress yang bisa menghambat kreativitas. Agar tidur lebih berkualitas dan cepat mengantuk di malam hari, hindari lima kebiasaan berikut:

1.     Minum Obat Tidur

Agar tidur lebih nyenyak cobalah menghindari obat-obat yang membuat mengantuk serta alkohol. Karena meski Anda mungkin lebih cepat tidur obat yang mengandung bahan penenang malah akan menggangu proses tidur alami. Ketika proses alami terganggu, tidur pun menjadi kurang berkualitas. Anda bisa saja sering terbangun di malam hari bahkan mengalami mimpi buruk.

2.    Minum Kopi

Karena mengantuk di siang hari akibat kurang tidur, sebagian orang memutuskan untuk minum kopi sebagai jalan keluar. Jika memang sangat mengantuk, hindari mengkonsumsi kopi lebih dari jam 12 siang. Karena jika tidak pada saat malam harinya Anda akan kesulitan untuk tidur. Tak hanya itu, kafein pada kopi juga akan menggangu fase tidur nyenyak. Hal tersebut akan membuat Anda jadi seperti kurang semangat dan lelah di pagi harinya. Jika Anda kembali meminum kopi sebagai obatnya, maka kondisi seperti itu akan kembali berulang.

3.    Tidur Balas Dendam

Sebagian orang merasa tidak pernah mendapat tidur yang cukup saat hari kerja. Maka saat akhir pekan mereka memutuskan untuk istirahat seharian seperti balas dendam. Hal ini juga kurang baik dilakukan karena waktu terjaga jadi tidak konsisten. Pada saat hari Senin, tubuh Anda akan mengadaptasi kebiasaan tidur akhir pekan sehingga bakal merasa lelah dan mengantuk.

4.   Kerja di Malam Hari

Agar lebih cepat mengantuk, hindarilah menyelesaikan pekerjaan sesaat sebelum tidur. Kegiatan yang membutuhkan otak untuk berpikir seperti itu akan membuat Anda susah terlelap karena telah terstimulasi untuk terjaga. Jika bisa singkirkan handphone ketika ingin istriahat agar Anda tidak tergoda mengecek email terkait pekerjaan yang bisa membuat kepikiran.

5.     Bangun di Waktu yang Berbeda-beda

Para ahli tidur menyarankan agar sebaiknya Anda tidak bangun dengan waktu yang berubah-ubah. Karena jam bangun tidur yang konsisten akan membentuk kebiasaan yang membuat Anda tidak memerlukan alarm lagi. Waktu bangun tidur yang teratur akan membuat otak mengirim peringatan untuk bangun satu jam sebelumnya. Jika waktu bangun tidur tidak teratur otak tidak akan tahu kapan waktunya untuk melengkapi proses tidur dan kapan harus bersiap untuk membangun Anda.


Sumber : wolipop.detik.com

No comments:

Post a Comment